I tried 10 steps korean beauty routine for one week in European weather

Sebelum ke Belanda aku jarang banget pake produk skin care. Soalnya menurut aku kecantikan itu terpancar dari hati. haha, padahal males. Paling banter aku cuma pake krim malem yg minta dari umi. Waktu SMA pernah ding aku pake krim an-nisa dan itu hasilnya mantep banget, aku juga jual itu krim kan, dan laku banget karena udah aku buktiin sendiri. Tapi sayang itu produk udah ga produksi lagi soalnya katanya ada merkurinya. Abis itu pas kuliah sahabat setia aku adalah bb cream wardah, cantik instan walaupun ke kulit bikin kering dan nyumbat pori2 kalo bersihin mukanya ga bener.

Sebenernya muka aku fine2 aja jadi aku ga merasa butuh perawatan. Terus pas ke Belanda, aku merasa kulit jadi super duper kering sampe ngelupas2, dan sebagai master student yang banyak pikiran, kulit aku jadi kusem juga. Padahal pas di Indo, beuh muka aku berminyak banget, makanya aku ga pernah paham fungsinya moisturizer itu apa. Ini semua menjadikan aku sangat bersyukur tinggal di Indo, udaranya gak ganas, produk skin care murah, banyak yang halal. Disini yang halal jarang baget, tapi kalo dia vegan/vegetarian dia biasanya halal. Yasudahlah aku jadi suka nyari2 gitu.

Terus kemarin pas ibu aku dateng dari indo, aku nitip wardah yang white secret. Katanya itu bagus soalnya formulasinya disempurnakan selama 7 tahun. Aku rajin pake krim siangnya soalnya biar ada proteksi aja gitu dari sinar uv tapi krim malemnya jarang banget soalnya aku selalu pulang malem dan capek terus langsung pengen tidur.

Jadi, biar ada motivasi, aku bikin challenge aja deh kaya di buzzfeed. so, here you go, my 10 steps korean beauty routine

1. Cleanser

Kalo versi korea nya harusnya pake oil cleanser, tapi Aku pake milk cleanser biasa dari HEMA soalnya aku gapake make up jadi kayanya cuma buat mastiin muka bersih aja. Bisa juga pake facial foam tapi aku takut menghilangkan kelembapan alami kulit (ceilah dove benget).

2. Exfoliator 

Aku pake antara Freeman charcoal scrub, Micabella, peeling mundisari. Aku pake freeman soalnya Suhay Salim cinta banget sama itu merk masker, dan dia pas ke malaysia langsung borong soalnya harganya ga sampe 80rb, dan pas aku liat di Kruidvat harganya cuma 4 euro atau 60rb rupiah. Yaudah gw beli aja. Kalo Micabella soalnya aku tergiur pas lagi jalan2 di suatu Mall di Amsterdam, pas nyoba dia bisa langsung ngerontokin sel kulit mati tanpa scrub. Bahannya cair gitu. Dan di antara 3 merk itu yang paling bagus tetep aja peeling mundisari haha yang cuma 20ribu-an. Menurut aku loh ya.

Pake exfoliator itu seminggu 2x aja, tapi aku hampir setiap hari tapi buat idung aja.

3. Toner

Ini termasuk the most underrated part of skin care routine karena dulu aku pikir cuma air kaya alkohol aja gitu dan ga penting. Padahal dia itu bisa buat memperkecil pori-pori dan mengatur pH di muka kita supaya siap nyerap produk skin care. Aku pake yang dari HEMA juga.

4. Essence

Aku pake brightening essence dari wardah. Jadi sebenernya aku ga paham essence itu apa, trus aku nitip serum wardah ke adik aku dengan gambar essence wardah itu, eh ternyata itu essence bukan serum, kubaru sadar.

5. Serum

Belum punya serum, tapi kuliat di Micabella itu ada kandungan serum vit. C nya juga but I’m not sure if that;s enough untuk menggantikan serum yang sebenarnya haha.

6. Sheet mask

Ini dia inti dari korean skin care. Aku beli di Action, supermarket paling gue cintai sedunia. Segala macem ada disitu. Aku dikasih tau sama mbak Phe, ada sheet mask bagus banget dan harganya cuma 0.5 euro padahal rata2 sheet mask harganya 2 euro-an. Dia hampir selalu sold out di Action, wajar sih, aku aja sekali beli minimal 3. Suhay salim juga bilang kalo mau ngilangin bekas jerawat itu bisa pake sheet mask, tapi yang merk korea. Sayang sekali, merk korea susah banget dicari di Belanda raya jadi bye.

Oh iya, yang lucu, sheet mask cuma dijual di Action wageningen, waktu aku cari di Action den haag centraal, ngga ada haha. Mungkin emang Action itu didesain khusus untuk kebutuhan warga sekitar. Dan warga wageningen alias student, alias indonesian student korean freak… love sheet mask.

7. Eye cream

Ku tidak punya eye cream jadi skip. Ku sudah pesan tapi nyampe 3 minggu lagi hiks.

8. Moisturizer

Ini juga masih skip. Night cream nya udah ada moisturizernya.

9. Night cream

Aku pake wardah white secret.

Wait, kenapa cuma 9? oh iya, cleanser itu harusnya oil based cleanser dan dilanjutkan dengan water based cleanser. Yap, so we’re finished.

Yang aku rasakan:

Hari pertama, muka ku glowing banget, karena essence dari sheet mask itu sangat melembabkan dan tahan lama. Hari itu, aku ke Den Haag buat HS dan aku juga mampir ke pusat kotanya buat ke Primark, biasanya aku kalo banyak jalan di luar ruangan, mata aku langsung merah, muka aku pucet kusem ga niat, tapi hari itu pas aku ngeliat ke kaca, muka aku masih seger. Hmm..

Hari kedua, Aku di rumah aja, pas vidcall sama umi aku katanya muka aku seger. ok.

Hari ketiga, Muncul jerawat di dagu, tapi aku gatau ini karena skin care yang aku pake atau karena kemarinnya kebanyakan tidur.

Hal lain yang aku amati, Krim siang wardah white secret menurut aku formulasinya kurang cocok di daerah kering. Pas baru diapply sih bagus banget apalagi kalo yang tinted, bikin muka kita lebih putih juga. Tapi setelah beberapa saat kalau dia mengering dia bikin layer di atas muka dan muka kita kaya pecah2. Di bagian idung, dia kayak mengisi pori-pori kita dan membentuk komedo. Jadi hari itu aku bener-bener deep cleansing. Kalo mau deep cleansing pake freeman menurut aku ga ampuh dan sakit karena scrubnya itu kasar banget, kalo pake Micabella harus pakai yang banyak, sayang. Jadi aku pake peeling mundisari aja dan pake alat buat narik komedo dan kulit mati di idung. Harusnya aku cukup pake di idung aja, tapi aku iseng pake di pipi juga dan perih bro di pipi, soalnya kemarinnya aku udah exfoliating.

Hari keempat, karena kemarin peeling, hari ini muka aku berminyak banget, tapi krim siangnya ga bikin muka keliatan pecah-pecah. Tapi di idung masih lumayan gradakan, mungkin gara-gara kering, whiteheadnya cepet muncul.

Hari kelima, gue sukses menahan diri untuk ngga melakukan exfoliating karena peeling mundisari kemarin sukses. Krim siang wardah pas dipake ga nimbulin pecah2 di muka mingkin karena muka gw udah mulai lembap. Efek aneh yg gw rasain adalah kenapa gw jadi ngantik abis seoanjang hari haha.

Hari keenam, gue lupa ngelakuin routine yg malem huu padahal kiriman produk skincarre gw baru oada nyampe. karena ketiduran pulang dari kampus jam 11 malem dan dingin jd w langsung selimutan. Tapi suatu hal ajaib terjadi, jerawat si dagu w ilang dan belim sempet numbuh.

Paginya w sempet nyobain jeju volxanic clay mask krn w baru beli jd udh ga sabar gitu. But I think its not worth the hype. Komedo w ga keangkat, tetep abis itu w pake peeling mundisari hahah. W juga nyobain lip tint baru. Tapi ternyata warnanya gonjreng bgt beda jauh sama gambar contohnya huhu padahal w beli mahal. Mungkin model di fotonya kulitnya putih bgt jdkeliatan warna liptint matte itu gelap. Tapi di w jd pink gitu.

Tapi setelah beberapa lama dan w minum berkali2 jadi agak selow sih pink nya

Sesungguhnya belum nyampe seminggu, tapi aku dah pengen nulis aja takut lupa, dan aku ngantuk banget bro ngerjain thesis. Ntar aku update dan aku lanjutin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s