Borderline INTP/INFP

Menurut MBTI, nggak mungkin ada orang yang punya dua tipe kepribadian apalagi INTP-INFP tapi aku rasa, aku adalah borderline.

Menurut MBTI, itu ngga mungkin karena mereka fungsi cognitive thinking-feeling nya bener2 kebalikan.

Stack fungsi kognitif:

INTP adalah logician, fungsi kognitif paling dominannya adalah introverted thinking (Ti), yang berarti mereka selalu berusaha memahami dunia ini dengan bikin logical framework. Fungsi kognitif yang paling inferior adalah extroverted feeling (Fe), yaitu mereka bisa punya empati dengan mempelajari nilai-nilai moral yang berlaku di lingkungan eksternal dari diri mereka. INTP ini sebenernya sangat asing dengan ‘feeling’ tapi kalo INTP yang ngembangin Fe nya, mereka bakal belajar gimana orang2 bersikap jadi INTP juga sering dibilang “the warmest robot”.

Di sisi lain INFP fungsi dominan nya adalah Feeling introvert (Fi) dan fungsi inferior nya adalah Thinking extrovert (Te), jadi mereka adalah idealist yang punya nilai-nilai moral internal tersendiri yang mereka junjung tinggi. Mereka juga bisa logis, dengan fungsi Te nya untuk mengatur strategi berdasarkan data dan fakta.

Kalau masih bingung.. aku nemu orang di twitter ngejelasin ngejelasinnya bagus dan pake bahasa Indonesia:

Ternyata, aku bukan satu-satunya borderline. Di Quora juga banyak orang yang T dan F nya itu beda tipis. Mereka rata-rata software engineer dan penggemar mbti juga kaya w.

Berdasarkan riset independen aku, berikut adalah 2 kemungkinan, kenapa ada orang-orang borderline kaya kita:

1. Manusia bisa berubah kepribadian

Waktu aku masih kecil, aku hobinya ngayal dan nyanyi. Aku ga suka dan ga jago sama sekali di matematika, kalo guru lagi ngejelasin aku gambar2 aja di buku. Pelajaran favorit aku itu b. Indo, b. Inggris dan sejarah, karena tugas nya cuma baca cerita dan bikin cerita. Dan jaman SD SMP aku suka bikin cerpen dan sempet menang lomba dan dimuat di majalah. Nah, mungkin itu periode2 INFP aku. Karena INFP itu kelebihannya jago nulis dll.

2. Tes MBTI emang gak sempurna

Menurut orang-orang tes mbti di website 16personality.com cenderung mengarahkan kita ke *NFP. Aku setuju sih soalnya pertanyaan nya kaya ga masuk akal. Misal buat nentuin kita intuiting apa sensing, pertanyaannya: saya suka memikirkan tentang pencipataan alam semesta. Hello, setiap muslim yang w kenal pasti begitu. Terus buat thinking-feeling pertanyaannya: kalau ada karyawan yang hasil kerjanya kurang bagus, saya tidak akan segan-segan memecatnya. No, kecuali u psikopat.

Begitupun tes MBTI lain di luar sana, kaya yang aku coba dari UCLA, pertanyaannya jauh lebih bingungin karena berdasarkan pemetaan Jungian Cognitive Function

Halo guys, yang baca tulisan ini! Ntah kenapa tulisan ini palimg ramai dikunjungi di blog ku. Sayangnya tulisan ini belum selesai dan udah kepencet publish. Aku juga udah lupa mau ngomong apa selanjutnya di sini. Tapi jangan kecewa dulu. Di blog ini aku juga nulos banyak tentang INFP, INTP dan MBTI loh. You are very welcome to read them here. Enjoy dan share juga pendapat kamu ya di komentar.

One thought on “Borderline INTP/INFP

  1. mbti yang di 16personality.com dan website lain, setelah w test berkali2 w selalu dapt INTJ, tp w mikir kayaknya hasil yg w dpt itu hasil yg w pengen. Dlm arti lain, w pengen menjadi sosok INTJ, tp kenyataannya w ga tau sbnrnya w apa.
    Dan semakin banyak ktmu orang sepanjang sjrh hdup w, w bakal lebih cocok dengan T, baik itu TI atau TE.
    Intnya w ga bsa cocok sm orang yg terlalu F
    Makanya gue harus berpasangan sm orang yg lebih Make Sense dari gue

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s