RumahQu aamiin

Bismillahirahmanirrahim,

Diriqu ingin punya rumah. Kata suami, rumah lebih murah kalau bangun sendiri. Ntah kenapa tiba-tiba hari ini semangat banget buat ngedesain rumah. Mungkin gara-gara abis nonton film The Intruder, terus w merasa, wih pewe banget istrinya begitu abis belanja, masuk rumah langsung dapur. Jadi w berpikiran untuk mendesain rumah yang sangat mengakomodir penghuninya yaitu w. Mungkin ini agak nggak realistis buat Indonesia, misal kalo kayu takut lumutan dan sebagainya tapi, biarin lah, namanya juga amatiran yang bermimpi, go big or go home. If you’re building it from scratch, might as well design it beautifully. Soal apakah bapak bimo mengapprove, atau pake arsitek, urusan nanti.

Bagian depan rumah nya simple aja yang penting modern. Ohiya, disclaimer, semua foto aku ambil dari pinterest. Kecuali Floorplan aku bikin di RoomSketcher.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Team URBAN99 ( alumnus ITN-UGM-POLNES )  inspirasi sebuah fasad  Follow ☞  #Karyastudio99  work with the heart…

rumah syantiko1
Ruang tamu

Ok, begitu pertama masuk rumah kita masuk ke ruang tamu. Terinspirasi dari jepang, duduknya lesehan terus menghadap ke courtyard. Kalau suami lagi ada tamu, biar tidak mengganggu privasi yg lain ada sekat kayu. Btw, w baru nyadar kenapa ruang tamu ga ada bahasa inggrisnya. Karena orang bule ga punya ruang tamu. Sebenernya kalao dipikir-pikir ruang tamu itu jarang banget kepake loh. Jadi aku pengen bikin ini jadi multifungsi. Ruangan ini bisa juga dipake sebagai mushola, dan ruang kerja. Karena aku kalo kerja sukanya duduk lesehan.

rumah syantiko2
Living room

Terus disampingnya ada ruang keluarga. Vibenya sama kaya film parasite. Yang penting sofanya gede biar bisa tiduran.

rumah syantiko3
Inner courtyard

Supaya cerah, ditengah dikasih taman kecil. Aku ngga tau mau segede apa, yang penting ijo aja, dan bisa ngesuply cahaya. Sekelilingnya pakai full glass sliding door.

rumah syantiko4
Dining room

Terus dapur ini sebenernya nyatu sama ruang keluarga, biar lega ngga usah pake sekat2. Dapur ini bisa diakses langsung dari samping kalo kita masuk lewat pintu garasi. Yang terpenting dari dapur adalah punya island yang gede jadi enakeun kalo masak dan dari marble jadi gampang kalo dibersihin.

rumah syantiko5
Master bedroom

Kamar tidur pokoknya buat tidur. Ngga ada nonton tv, kerja, main leptop dll. Jadi desainnya cozy, ngga ada lampu overstimulating dan semuanya customized built in jadi ngga usah mikir2 nambah furniture. Lemari dan vanity pun built in.

rumah syantiko6
Bathroom

Bathroom yang relaxing dan gelap supaya bener-bener bisa recharge energi sosial. I’m not sure about the positioning. Soalnya kalo ada tamu mau ke toilet, berarti harus ke belakang dulu gitu. Terus kayanya lorong ke kamar anak agak gelap.

rumah syantiko7

kid’s bedroom

Kamar anak… lutuna.. warna pink sendiri tapi temanya boho. Sebenernya mungkin emaknya yang pengen kamar begini wkwk.

rumah syantiko8
ruang jemur baju

Tidak ketinggalan laha untuk menjemur. Mungkin bakal nyuci baju tiap hari jadi memang harus ada lahan yang dikhususkan untuk jemur.

Sekian. Mungkin ada saran toilet sama kamar anak w ditaro dimana supaya ngga dibelakang2 amat. Tapi juga dapet cahaya, dan jangan jadi pemblocking cahaya wkwk.. rempong

 

baru nemu.. ada arsitek indonesia yg mirip banget sama rumah yang aku pengnenin tapi ini versi high-end mungkin ya https://www.archify.com/id/project/rumah-beton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s