Anxiety mungkin pertanda baik

Doa itu adalah doa yang paling sering aku ucapkan saat lari2 di antara safa dan marwah. Saking aku pengen banget bisa terbebas dari rasa gelisah. Rasanya mental breakdown mungkin leih ngga enak dibanding rasa sakit secara fisik. Sampai biasanya aku harus makan fire chicken noodle yang super pedes supaya rasa “sakit mental di dada” itu bisa teralihkan ke rasa sakit beneran di mulut karena kepedesan.

Tapi ternyata Allah menjawab doa aku dengan sakit beneran. Selama tiga minggu aku ngga bisa kemana-mana. Makan susah, ngomong susah, tidur pun susah. Tapi yang aku baru sadari belakangan ini, selama aku sakit, aku ngga pernah mengalami mental breakdown. Pikiran aku tentunya fokus ke gimana caranya biar aku bisa sembuh. Bukannya mikir yang macem-macem yang bisa bikin gelisah.

Dari situ aku mulai menyadari sesuatu. Anxiety itu mungkin tanda kalau sebenernya hidup kita beruntung.

Kita mikir aneh-aneh.. karena kita punya badan sehat jadi kepala bisa mikir.

Kita merasa terasingkan di tempat kerja, karena kita beruntung punya kerja.

Kita bisa nangis overthinking memikirkan hal ngga jelas… karena kehidupan kita jelas-jelas aja. Kita udah jelas masih punya keluarga, masih bisa makan, masih punya tempat bernaung dan lainnya.

Mindset itu yang akan aku pakai kalau aku lagi mulai anxious. Mungkin ini terdengar kaya toxic positivity, tapi terkadang emang pemikiran itu powerful banget untuk mengatur perasaan.

Tapi mungkin ini nggak berlaku untuk anxiety disorder atau yang anxiety nya itu memang penyakit. Kalau penyakit ya memang mungkin harus terapi dan kalau udah parah, minum obat. Atau kalau kita sudah mengenal trigger anxiety kita, kita bisa latihan sendiri dan belajar mengendalikannya.

Oke sekian.

Wassalamualaikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s