The Science of Waktu Indonesia Bagian Galau

Pernah nggak sih kalian bangun sampai jam 2 atau 3 malam terus kalian tiba-tiba… o ow.. memasuki waktu Indonesia bagian galau. Tiba-tiba jadi kepikiran hal memalukan yang kalian lakuin pas kelas 5 SD. Atau tiba-tiba kepikiran bahwa kalian udah hidup seperapat abad tapi kayak belum mencapai apapun. Jangankan itu, punya target aja nggak. Terus jadi mikir hidup itu sebenernya buat apa. Tiba-tiba nangis mengingat semua kegagalan kita dan kita jadi bertanya-tanya apakah masih ada harapan di dunia ini?

Padahal, kalau nggak jam segitu, kita jarang mikirin hal-hal tersebut. Walaupun kita gabut, ya paling kita main hape aja, nonton drakor.

Ternyata fenomena tersebut bisa dijelaskan oleh sains. Jadi otak manusia punya jam biologis. Pintu utamanya adalah reseptor di mata kita. Otak kita mendeteksi kontras warna biru dan oranye di langit. Di pagi hari, ketika mata hari terbit, langit berwarna biru, otak kita mengirim sinyal untuk memproduksi hormon kortisol, Hormon tersebut berfungsi untuk memicu detak jantung dan membuat kita awake dan aware. Kemudian di sore hari, langit berwarna oranye, otak kita mengirim sinyal untuk menurunkan kadar hormon kortisol, dan memproduksi hormon lain yang membiat kita rileks. Setelah kita rileks, kita jadi mudah tidur, supaya tubuh bisa beristirahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Demikianlah cara kerja jam biologis di otak kita. Namun, ketika kita tidak tidur di saat jam biologis kita menyuruh kita untuk tidur, otak kita punya mekanisme untuk “menghukum” badan kita. Hormon dopamin yang membuat kita bahagia, dihambat produksinya, sehingga kita jadi merasa ‘down’. Itulah alasannya kita jadi lebih sering berpikiran macem-macem dan jadi sedih.

Aku baca penelitian mengenai ini dari video youtube. Perasaan udah aku bookmark tapi hilang ternyata. Nanti kalau ketemu akan aku update post ini ya. Goodbye for now.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s