Biaya hidup di Belanda

Halo, aku menulis ini karena suka ada yang nanya, untuk tinggal di Belanda berapa biaya hidupnya? Kira-kira beasiswa yang dia lamar mencukupi atau tidak? atau pekerjaan yang dilamar gajinya cukup atau tidak?

Di sini aku akan memberikan gambaran biaya hidup perbulan tersebut.

Apartemen atau Rumah (student=400e/Rp 6.8 juta, non-student=980e/Rp. 16.8 juta)

Biaya ini merupakan bagian terbesar yang akan kalian bayar. Di Belanda, setiap apartemen biasanya ada peruntukannya, misal untuk mahasiswa, non-mahasiswa, seorang, dua orang, pasangan beranak satu dst. Non mahasiswa tidak boleh tinggal di apartemen untuk mahasiswa. Pasangan pun tidak boleh tinggal di apartemen yang untuk satu orang.

Untuk mahasiswa, apartemen berkisar 270-600 euro. Biasanya apartemen yang dibawah 350 euro itu yang sharing kitchen dan bathroom. Kalau mau yang all in, biasanya di atas 420 euro.

Untuk non-student, one bedroom apartemen (1-2 orang) berkisar 600-1500 euro.

Biaya tersebut sudah termasuk air, gas, listrik, dan internet unlimited.

Biasanya untuk apartemen yang on the expensive side, bisa apply rent subsidy ke pemerintah. Kalau diterima nanti pemerintah ngasih duit beberapa persen dari rent kita buat ngebantu kita. Misal, dulu pas jadi student, rent aku 414e terus aku apply rent subsidy, dan dikasih 80e per bulan sama pemerintah.

Makan (200e/Rp. 3.5 juta)

Ini setiap orang berbeda-beda. Tapi rata-rata orang indo yang aku tanya, ngebudgetin 200 euro, dan mereka bilang 200e itu sudah sangat mencukupi.

Untuk gambaran, harga individualnya,

  1. Snack rata-rata harganya sama kaya di indo
  2. Buah. Apel, kiwi, pear, lebih murah di Belanda daripada di Indo. Buah tropis jelas jauh lebih mahal di belanda.
  3. Sayur. satu bongol selada, seiket pokchoy, bayam, masing-masing biasanya 1 euro.
  4. Beras. 5 liter harganya 5 euro.
  5. Meal. makanan chinese, india, indonesia yang ada di kantin biasanya 5-8 euro. Kalau di restoran (yang biasa aja bukan yg fancy), 7-15 euro per makanan.
  6. Rempah-rempah. Ini yang menurutku agak mahal. Bawang putih 2 biji harganya 1 euro. kencur 1 jari harganya 1 euro (17 ribu, mo nanges).

Belanja baju, sepatu, buku dll (~100e/Rp. 1.7 juta)

Ini sangat tergantung sama kamu sih gaes. Ini juga gabisa dibudget perbulan but it needs to be in the budget jadi ini angka kira-kira aja. Baju, sepatu, barang eletronik harganya cenderung sama. Malah untuk fast fashion (hnm, zara, bershka) di Belanda lebih banyak salenya. Untuk buku, mungkin lebih mahal daripada buku Indonesia. Buku buat kuliah biasanya sekitar 40-120 euro.

Transport (0-120e)

Karena biasanya di belanda, semua orang naik sepeda, biaya transport bisa jadi 0 perbulan. Kalau aku sendiri biasanya weekend suka ke luar kota jadi aku langganan kereta perbulan 30euro, bisa naik kereta sepuas hati hari sabtu dan minggu. Untuk bis biasanya 3-4 euro. Jadi perbulan buat jalan-jalan saat weekend kira-kira 80euro. Oh iya kalau naik kereta tanpa langganan juga bisa, tapi mahal. Misal dari wageningen ke amsterdam satu arah 15 euro, bolak balik 30 euro.

Kalau ditotal, untuk student, biaya hidup sekitar 800 euro. Biasanya beasiswa ngasih minimal 920, karena ada peraturan dari pemerintahnya, kalau mau kuliah di Belanda, perbulan harus punya support uang segitu. Beasiswa stuned dan lpdp ngasihnya lebih tinggi dari itu, jadi cukup kok. Ada juga beberapa yang bawa pasangan, tetap cukup juga.

Sekian semoga bermanfaat.

One thought on “Biaya hidup di Belanda

  1. Halo kak Adzkia, perkenalkan aku Muminah. Saat ini sedang studi S2 di Turki, dan lulusan IPB juga hehe salam kenal sebelumnya kak. Suka banget baca tulisan2 kak Adzkia, informatif dan seruu.

    Saat ini kebetulan aku ada rencana untuk internship di Wageningen kak, jadi sedang cari2 informasi dan nemu postingan ini.. Kira2 kalau kak Adzkia ada waktu, apa aku boleh tanya2 lebih lanjut?

    Terimakasih kak, ditunggu cerita2 seru lainnya, keep on writing 😊

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s