Ke dokter gigi di Belanda

Hello friends, hari ini aku abis dicabut giginya. Sekarang Kupengen bgt ngerjain tesis soalnya lusa harus setor demo program yg udah jalan. Tapi aku takut stress dan malah darahnya ga kering2 jd ku nulis blog aja deh.

Jadi, gigi aku yg diujung2 itu tumbuhnya ga normal, sebelumnya di indo udah mau operasi tapi aku flu ga sembuh2, jd ketunda mulu sampe akhirnya berangkat ke belanda.

Kata dokternya gpp sih operasinya ketunda 2 thn asal bener2 dijaga. Eh gatau nya, pas disini aku agak stress jd keseringan makan eskrim bahkan sebelum tidur jadi deh keropos gigi yg tumbuh ga normal itu dan jadi tajem.

Terus aku liat2 klo dental treatment cost ga dicover asuransi, aku tanya case aku ke email aon juga dijawab ga kecover asuransi. Kata orang2 dokter gigi di belanda mahal abis.

Aku pun searching2 dokter gigi di wageningen. Yang bagus dari sistem disini adalah mereka transparan klo urusan biaya. Satu belanda raya punya tarif servis yg sama dan semua rincian bisa diliat di websitenya. Jadi aku pilih aja dentist yg paling bagus.


Itu adalah dentist yg aku datengin. Yang ngasih review 2 bintang itu aku soalnya resepsionis nya kasar sih, tapi treatment dokter nya oke kok.

Jadi, aku nelpon dulu buat bikin janji. Terus pas aku dateng, aku agak kaget soalnya dokternya cewe muda banget kaya temen sekelas aku yg anak2 bachelor. Terus aku bilang aku mau gigi aku dicabut aja. Dia bilang gabisa dicabut saat itu juga. Jadi mungkin xray dulu aja. Tapi karena aku udah pernah xray di indo jd next visit dibawa aja. Aku pun pulang trus resepsionis nya ntah knp kasar bgt trs dia ngomong sesuatu (aku lupa) pokoknya nyebelin deh. I tried to not take it personally, tapi krn sepedahan nya rada jauh aku jd kepikiran dan nangis deh gw. Oh iya, aku bayar 20 euro atau Rp 300rb. Aku iseng ngirim claim ke aon trus ditolak soalnya dia cuma mengcover yg emergency dental treatment.

Terus, hari ini aku bikin emergency appointment, padahal janjiannya masih hari jumat. Kali aja si aon bakal nge reimburse. Tapi klo ngga jg gw udah siap mental. 

Aku pun dtg telat tp untungnya gapapa. Dokter yg menangani adalah cowo jd gw rada lega. Aku bukannya sexist tapi kan buat nyabut gigi butuh tenaga. Terus aku disuruh cerita, dan gw ngomong2 g jelas. Dokternya pinter jd dia mengerti. Dia jelasin prosedur apa yg akan dilakukan dan biayanya; 104 euro atau Rp 1,5juta. Trs aku bilang aku udah pernah xray, dan aku tunjukin fotonya. Fotonya ternyata cukup jd langsung deh dicabut giginya. Terus aku bayar 40 euro atau sekitar Rp 600rb. Sesuai perkiraan lah.

Sekian. Semoga bermanfaat. Bye

2 thoughts on “Ke dokter gigi di Belanda

Leave a Reply

